Budaya Dan Prinsip 1 Leadership & Respect For People

Implementasi Lean Construction sebenarnya mudah, selama pimpinan proyek dan stakeholder mempunyai komitmen yang kuat untuk melakukan perubahan. Perubahan dari metode dan budaya yang selama ini dipakai, menuju budaya atau metode yang mengacu pada Lean Construction yang jelas terbukti sukses dipakai di kontraktor2 besar di Amerika, Jepang dan China.

Tentu saja ada tantangan yang harus dihadapi, yaitu terutama perubahan BUDAYA itu sendiri. Mengacu dari 12 prinsip yang telah dikembangkan LCII (Lean Construction Institute Indonesia), ada 12 tahapan yang diawali dengan kesiapan menghadapi PERUBAHAN menuju peningkatan SoToBoSoREMPAH, yaitu Safety on Time on Budget on Spec on Return Environmental Moral Productivity dan All Happy. Perubahan menuju Budaya Lean Construction melalui Prinsip 1 Lean Construction, yaitu Leadership & Respect for People.

Di sini pemegang kebijakan akan diberikan pemahaman mengenai Leadership Lean Construction. Meskipun sudah memiliki kemampuan Leadership yang baik dan kuat, tapi ada hal mendasar yang total berbeda dalam prinsip Lean Construction, yaitu “PULL system” dan bukan PUSH system. Prinsip ini sangat luas pengertian dan manfaatnya. Bukan hanya sekadar material, tenaga kerja, alat yang dikirim harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Namun pengertiannya sangat luas, mulai dari Lean Design, SCM, dan implementasi konstruksi sampai “PULL” keterlibatan pelaksana lapangan.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LinkedIn
Share
WhatsApp