BIM

Proplanner sebagai perpaduan antara Lean Construction dan Building Information Modeling BIM

Kendala program scheduling seperti Primavera dan Microsoft Project adalah butuh keahlian untuk melakukan update terhadap schedule tersebut sedangkan data yang sebagai input di dapatkan dari lapangan, menimbulkan master schedule jadi tidak di update sesuai dengan berjalannya proyek. Saat ini, beberapa aplikasi BIM 4D dan 5D mampu mempercepat proses link yang harus dilakukan secara manual menjadi langsung antara dengan master schedule dari Primavera dan Microsoft Project. Dan atribut yang sudah diproses di Primavera atau Microsoft Project serta model 3D seperti material, quantity take off, cost, volume dan progress otomatis masuk ke dalam program aplikasi BIM tersebut. Jelas hal ini sangat membantu efektifitas, akurasi, waktu dan efisiensi sebuah proyek.

Dashboard management juga mampu menampilkan kurva S, PPC, speed of project, forecast mengejar project yang delay, bahkan sampai evaluasi kinerja dari mandor dan subcont secara real time. Aplikasi BIM tentu sangat bermanfaat, karena dengan dashboard yang memonitor dan mengevaluasi progress secara real time dan bisa diakses di manapun, akan membuat semua yang terlibat bisa memonitor bersama. Dari sisi improvement, percepatan dan penghematan menjadi lebih terbuka lebar bagi semua pihak, karena semua masalah bisa segera diantisipasi. Semua pihak dimanjakan oleh data yang tersaji secara real time langsung di lapangan melalui HP pelaksana.

Selain itu, management document baik drawing, shop drawing, request for information (RFI) hingga approval, inspeksi quality dan safety, semua terbantu secara real time termasuk report dan checklist yang bisa dibuat. sesuai keinginan. Aplikasi BIM pada tahap pelaksanaan manapun, akan membuat semua yang terlibat bisa memonitor bersama. Dari sisi improvement, percepatan dan penghematan menjadi lebih terbuka lebar bagi semua pihak, karena semua masalah bisa segera diantisipasi. Semua pihak dimanjakan oleh data yang tersaji secara real time langsung di lapangan melalui HP pelaksana. Selain itu, management document baik drawing, shop drawing, request for information (RFI) hingga approval, inspeksi quality dan safety, semua terbantu secara real time termasuk report dan checklist yang bisa dibuat sesuai keinginan.

 Apa saja Aplikasi BIM yang Focus pada tahap konstruksi?  

Sudah ada beberapa aplikasi BIM untuk tahapan proses konstruksi, seperti;

  • Final CAD
  • Novade
  • BIM 360
  • Oracle Aconex
  • Procore dan
  • Proplanner Kanban. 

Khusus Final CAD dan Novade fokus pada Quality dan Safety Inspection. BIM 360 dan Oracle Aconex fokus pada document management meskipun juga mampu melakukan inspeksi quality dan safety. Sedangkan Procore dan Proplanner Kanban focus pada manajemen  konstruksi, produktifitas dan lean construction secara luas.

Procore bisa memunculkan Microsoft Project, namun belum memunculkan gabungan BIM 3D dan Microsoft Project atau Primavera seperti pada Pro Planner Kanban. Adapun quality dan safety inspection ada dalam menu keduanya. Aplikasi pada BIM tahap konstruksi ini mempunyai kelebihan, kekurangan dan keunikannya tersendiri. Namun semua sudah bisa diaplikasikan dan diakses kapan dan dimanapun. Beberapa aplikasi bahkan bisa langsung membuat report yang customize sesuai checklist dan dashboard untuk manajemen dan monitor proyek terkait progress, subcont dan mandor evaluation.

Dengan beragam aplikasi BIM yang menunjang tahap konstruksi dan manajemen proyek memberi dampak positif yang signifikan. Hal ini membuat proyek menjadi jauh lebih efektif, efisien, serta terencana dengan baik. Sehingga BIM tidak hanya sebagai kolaborasi antardisiplin di saat awal desain dan sebagai beauty contest saja, namun terus menjadi sarana kolaborasi sampai tahap konstruksi dan penyerahan proyek, sehingga akan berdampak pada kemajuan produktivitas industri konstruksi nasional. Proplanner sebagai tools yang dapat menggabungkan dan memfasilitasi seluruh kebutuhan proyek di saat konstruksi yang bisa menjadi Big Data dan dijadikan menjadi satu tempat dan tercapailah Lean-BIM, Lean Construction dan Building Information Modeling.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LinkedIn
Share
WhatsApp