Prinsip BIM

Value dan Waste pada lean BIM construction

BIM atau Building Information Modeling merupakan suatu proses yang dapat menghasilkan serta mengelola data bangunan pada siklus project yang akan dikerjakan. Secara garis besarnya BIM merupakan suatu konsep proses dimana informasi model bangunan yang akan segera dibangun.

Sedangkan Lean Construction atau yang biasa dikenal dengan konstruksi ramping merupakan suatu pendekatan berbasis produksi untuk deliver proyek. yang sangat berguna pada proyek yang kompleks, memiliki ketidakpastian yang tinggi dan progressnya cepat.

Pada dasarnya Lean Construction ini merupakan sebuah metode kerja yang akan berfokus pada suatu proses dari metode itu sendiri. Dengan cara memaksimalkan value dan waste yang minimal pada suatu konstruksi.

Value dan waste pada lean bim construction

  • Value

Merupakan suatu nilai yang terdapat pada suatu produk tertentu, dengan berbagai indikator yang sudah ditetapkan oleh konsumen, klien, owner, dll.

  • Waste

Merupakan suatu kegiatan yang menggunakan sumber daya, tetapi tidak mendatangkan serta menambahkan value atau nilai pada produk yang dikerjakannya.

Value dan waste sendiri menjadi penting karena pada dasarnya lean bim construction ini harus memperhatikan berapa keuntungan nanti yang akan didapat serta pemborosan yang nantinya akan terjadi bisa dihentikan agar suatu proyek yang dikerjakan dapat berjalan secara efisien dan efektif.

Prinsip pada BIM sendiri jika tidak diterapkan dengan baik dan benar pun terkadang tidak luput atau tidak disadari akan menjadi membuang-buang  waktu serta pada akhirnya akan mengalami pemborosan (waste).

Pada dasarnya prinsip BIM adalah untuk memaksimalkan nilai (value) yang di tambah dengan fokus kepada suatu usaha untuk meminimalkan suatu pemborosan (waste) dengan menjaga semua nilai serta proses yang sudah di pertahankan sehingga nantinya menjadi suatu tujuan yang utuh dan menjadi hal paling utama yang harus disepakati dari awal hingga akhir.

Dengan demikian value dan waste menjadi hal penting yang harus dipikirkan atau direncanakan sejak awal agar suatu proyek yang akan dikerjakan atau dibangun dapat mendapatkan value yang maksimal dengan waste yang seminimal mungkin.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LinkedIn
Share
WhatsApp