what is bim

What is Lean BIM?

BIM atau Building Information Modeling merupakan suatu teknologi yang dapat membuat satu atau beberapa model gedung virtual yang dibuat secara digital. Model ini dapat mendukung dari keseluruhan fase desain, analisis dan Kontrol yang memungkinkan dapat lebih baik dari proses manual.

Model desain yang sudah dibuat akan berisi geometri serta data akurat yang akan membantu kegiatan fabrikasi, konstruksi, serta pengadaan rangka dalam merealisasikan gedung yang akan dibuat.

Lean BIM merupakan teknik penerapan yang dapat meningkatkan produktivitas proses dari konstruksi, meningkatkan nilai proyek dan menghilangkan pemborosan (waste), dan segala sesuatu yang tidak akan menambah nilai pada produk akhir.

Ada beberapa proses dari BEP (BIM Execution Plan) yang dapat mengurangi pemborosan pada BIM diantaranya yaitu;

  • Scope Waste / Delegasi tugas tidak jelas
  • Model Waste / Over Modeling
  • Poor Design / Design yang buruk
  • Rework / Pekerjaan Revisi yang berulang-ulang karena kurangnya koordinasi
  • Waiting / Alur Workflow yang lama
  • BIM Admin / Beban BIM manager menjadi berat

Lean Construction adalah filosofi yang relatif baru. Memiliki tujuan untuk meningkatkan prediktabilitas dalam proyek konstruksi. Lean dapat mengidentifikasi serta dapat menghilangkan pemborosan atau waste, meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, waktu pelaksanaan dan menghasilkan proyek yang lebih aman serta lebih efisien.

Menerapkan Lean Construction dan Building Information Modeling (BIM) bersama-sama meningkatkan efisiensi jauh lebih banyak daripada ketika mereka diterapkan secara individual.

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk menerapkan Lean BIM

  • Konstruksi BIM maupun Lean membutuhkan kepemimpinan di setiap fase.
  • Proses inti harus mempertimbangkan persyaratan Lean Thinking dan BIM.
  • Building Information Modeling (BIM) adalah tentang kolaborasi. Pada proyek BIM bahkan, perencana terakhir sangat penting untuk memastikan partisipasi dalam perencanaan dan peningkatan jangka pendek. Budaya kolaboratif yang kuat antara kontraktor dan rantai pasokan harus diterapkan.

Lean BIM merupakan gabungan antara BIM dan Lean Construction yang dimana mereka saling berkaitan untuk membuat proyek saling bekerja sama agar menghasilkan nilai (value) secara maksimal.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LinkedIn
Share
WhatsApp