Penerapan Lean Construction di Industry 4.0

Penerapan Lean Construction pada Industry 4.0 untuk peningkatan Jasa Konstruksi Indonesia

Perkembangan teknologi saat ini sudah memasuki industri 4.0 yang sangat berpengaruh pada perkembangan sektor industri konstruksi di Indonesia untuk dapat bersaing dan memenangkan kompetisi global. Penerapan pada sektor industri konstruksi nasional harus diarahkan untuk menjadi lebih aman, lebih cepat, lebih murah dan lebih baik dengan perkembangan pemanfaatan teknologi dan komunikasi yang digunakan dalam seluruh tahapan konstruksi termasuk dalam penyiapan rantai pasok dan sumber daya manusia jasa konstruksi.

Dengan penerapan industri 4.0 di bidang konstruksi, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas dan kualitas produk yang lebih baik serta memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Konstruksi Indonesia kembali diadakan untuk melanjutkan dukungannya terhadap program pembangunan infrastruktur pemerintah Indonesia senilai US $ 460 miliar di 2015-2019. Konstruksi Indonesia (KI) merupakan acara unggulan pemerintah untuk konstruksi berat dan teknik sipil. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 6-8 November 2019 di Jakarta International Expo Kemayoran.

Rangkaian kegiatan Konstruksi Indonesia 2019 akan diselenggarakan seminar/workshop dengan tema “Industri 4.0 dalam Mendukung Rantai Pasok dan Sumber Daya Manusia Jasa Konstruksi Indonesia”. Selain itu terdapat sub-sub tema yang akan disampaikan oleh narasumber yang meliputi bidang arsitek, sipil, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan, atau peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan kompetensi dan produktivitas konstruksi.

Maksud dan tujuan dari kegiatan Seminar/Workshop Konstruksi Indonesia 2019 adalah menyediakan informasi terkait penerapan teknologi 4.0 di sektor konstruksi termasuk mendukung rantai pasok dan sumber daya manusia jasa konstruksi Indonesia serta meningkatkan pemahaman dan kemampuan sumber daya manusia konstruksi dalam menghadapi teknologi industri 4.0

Dalam kegiatan Seminar/Workshop Konstruksi Indonesia 2019 mengundang beberapa narasumber yang berasal dari Pemerintah, Perguruan Tinggi, Asosiasi Profesi, Asosiasi Badan Usaha serta stakeholder lainnya di bidang konstruksi.

Lean Construction Institute Indonesia (LCII) bersama PQI Consultant menjadi salah satu narasumber dalam acara Seminar/Workshop Konstruksi Indonesia 2019 dengan subtema “Strategi Peningkatan Produktivitas dalam Pekerjaan Konstruksi dengan Lean Construction“ yang akan disampaikan oleh Ir. Budi Utomo, RLA, CBA sebagai Direktur PQI Consultant dan pendiri Lean Construction Institute Indonesia (LCII)

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Facebook
LinkedIn
WhatsApp